Beranda Daerah Bersama KTNA Kota Metro Lakukan Audensi di Ruang Kerja Walikota

Bersama KTNA Kota Metro Lakukan Audensi di Ruang Kerja Walikota

63
0
BERBAGI

Metro Lampung,(lamtimpost)-Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Metro melakukan audiensi dengan Walikota Metro didampingi Asisten II Sekda Kota Metro dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (Dinas KP3) Kota Metro yang berlangsung di Ruang Kerja Walikota Metro, Senin (10/1/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro Heri Wiratno menyampaiman hasil Musda KTNA 2021 terkait rencana aksi Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) tahun 2022-2027.

“KTNA Kota Metro akan melakukan pengabdian masyarakat sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kota Metro dan pengadaan bibit cabe sebanyak 22.000 batang yang akan dibagikan kepada petani,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan KTNA ini untuk mendorong terlaksananya kegiatan pasar tani sebagai wadah pemasaran produk hasil pertanian dan UMKM sebagai dukungan pada program Metro Bangga Beli yang sedang digalakkan Pemerintah Kota Metro.

“Berdasarkan jangka panjang KTNA Kota Metro mendukung dan mengambil alih kegiatan pengaksesan menuju kawasan wisata, akses pembinaan dan penggerakan petani pada kawasan menuju capit urang untuk menanam sayuran organik, menjual produk pertanian dan UMKM”, ujarnya.

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi, menilai sebagai sebuah kota tidak bisa menghindari alih fungsi lahan, walaupun Kota Metro tidak memiliki batu, tambang dan emas seperti wilayah lain.

“Hal ini menjadikan kita harus berfikir bagaimana mengembangkan ekonomi masyarakat dalam bidang pertanian, harapan saya dengan adanya teknologi pertanian dapat meningkatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan mengisi ruang-ruang masyarakat yang kosong”, terang Walikota Metro.

Lanjutnya, upaya ini bisa dilakukan dengan sinergi dari penyuluh dan petani sehingga dapat meningkatkan taraf hidup. “Diketahui jumlah petani Kota Metro yang sudah memiliki kartu petani berjaya sebanyak 4.969 orang,” papar Wahdi.

Walikota Metro juga meminta adanya edukasi pada masyarakat Kota Metro, agar tidak terjadi rawan pupuk yang dilakukan oleh para oknum-oknum sehingga mengganggu semangat para petani untuk membangun kota metro.

Dalam hal ini Ketua KTNA Kota Metro Sugeng Siswoyo menyampaikan bahwa saat ini kelompok tani yang ada KTNA berjumlah 134 kelompok tani yang ada di 22 kelurahan kota Metro.

(Samadi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here