Beranda Daerah Polres Metro Berhasil Amankan Puluhan Pembalap Liar Beserta Kendaraan Mereka

Polres Metro Berhasil Amankan Puluhan Pembalap Liar Beserta Kendaraan Mereka

117
0
BERBAGI

Kota Metro,(lamtimpost)-Polres Metro berhasil mengamankan puluhan kendaraan beserta Pemuda yang sedang beraksi balap liar di Jalan AR Prawiranegara Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, yang selama ini dituding sering meresahkan Warga sekitar.

Dari penggerebekan tersebut sebanyak 29 kendaraan bermotor roda dua dan 48 remaja yang diduga terlibat diamankan petugas.

Hasil pantauan radarnews.id dilapangan pada Minggu (13/6/2021) sekitar pukul 02.00 WIB puluhan personel Polisi dari berbagai unit melakukan penggrebekan dengan memblokir jalan AR Prawiranegara, Jalan Pala Raya, dan Jalan Reformasi.

Hasilnya, puluhan kendaraan berikut pengemudinya kocar-kacir dalam penggrebekan yang dilakukan Aparat Polres Metro dari berbagai satuan pada Minggu dini hari. Terlihat, tak sedikit Joki maupun Penonton balap liar yang mencoba kabur dan bersembunyi dari penggrebekan yang di lakukan Aparat kepolisian Metro tersebut.

Dari data yang dihimpun radarnews.id, penggrebekan itu dilakukan gabungan unit Satlantas, Sat Sabhara, Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Metro. Sedikitnya ada 29 unit motor yang terdiri atas 16 unit motor metic, 7 motor jenis motor laki dengan CC besar dan 6 motor jenis bebek.

Selain itu petugas juga diketahui mengamankan sebanyak 48 remaja yang diduga terlibat dalam aksi balap liar di Kelurahan Metro dan Mulyojati tersebut.

Selanjutnya pada Minggu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB seluruh kendaraan berikut remaja yang terlibat diamankan ke Mapolres Metro untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Dari keterangan warga, aksi balap liar di Jalan AR Prawiranegara telah berlangsung sejak Ramadhan lalu. Petugas kepolisian terpantau memang kerap kali melakukan patroli dan pembubaran kawanan balap liar di kawasan tersebut.

“Sudah dari puasa kemarin, pas puasa malah tiap subuh mau sahur itu balapannya. Kalo sekarang-sekarang ini biasanya mulai jam 1 sampai jam 3 malam. Kalo patroli Polisi sudah sering banget, Sering dibubarin malahan, tapi ya gitu aksi kucing-kucingan dari Para Pemuda Pelaku, kata Diki seorang pedagang kuliner malam di Jalan AR Prawiranegara, Minggu (13/6/2021) dini hari.

Atas penggrebekan yang dilakukan personil gabungan Polres Metro, ia berharap ada efek jera agar para pelaku aksi balap liar tidak kembali mengulangi perbuatan yang meresahkan warga tersebut.

“Ya semoga abis dirazia ini gak ada balapan lagi. Karena resah saja sih, soalnya kenalpotnya itu bising banget dan kalau kaya saya ini pulang dagang pasti lewat situ jadi takut ketabrak. Harapannya ke pak Polisi, tolong beri efek jera ke para pembalap liar itu agar tidak mengulangi perbuatannya,” pungkasnya.

Sementara, Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati melalui Kasat Lantas AKP Winnani Roniyus Putri mengungkapkan, penggrebekan kawanan Pembalap liar itu aksi perdana Anggotanya XLdilakukan di Jalan AR Prawiranegara.

“Dari sana kendaraan kita bawa ke polres berikut anak-anaknya, jadi ini untuk tahap awal, nantinya kita akan berlanjut lagi. Kedepannya, langkah kita akan lebih secret lagi sehingga pas pelaksanaan dapat semua,” kata dia saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu (13/6/2021) Siang.

Dari hasil penggrebekan, seluruh kendaraan diamankan ke Mapolres Metro dan pemiliknya mendapatkan sanksi tilang.

“Semua kendaraan itu kita bawa ke polres dan semua kita tilang, jadi untuk penilangannya sesuai kondisi kendaraan. Semua kendaraan kita tahan di Polres dan kita minta semua anak-anak ini untuk datang hari Senin,” ucapnya.

Usai didata dan dibina, para pembalap yang rata-rata masih dibawah umur tersebut diminta pulang dan kembali lagi ke Polres dengan membawa dokumen lengkap kendaraan beserta orangtuanya.

“Semua mereka rata-rata tidak bawa surat makanya besok baru kita akan cek datanya. Jadi 29 kendaraan ini akan kita cek lagi identitas kendaraannya. Mereka yang datang kita minta membawa surat tilang yang sudah dibayarkan ke BRI berikut dokumen kendaraannya, mereka juga kita minta menghadirkan orang tuanya,” bebernya.

(Samadi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here