Beranda Daerah Lampung Timur Menjaga Netralitas Putri Ernawati Cuti Diluar Tanggungan Negara

Menjaga Netralitas Putri Ernawati Cuti Diluar Tanggungan Negara

140
0
BERBAGI

Lampung Timur (Lamtimpost) — Menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 ini, Putri Ernawati Zaiful Bokhari yang berstatus ASN Lamtim dan juga selaku Ketua TP.PKK Lampung Timur sudah melakukan Cuti diluar tanggungan negara (CLTN) sejak tanggal 1 September sampai bulan Desember 2020.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Lampung Timur M.Ridwan mengatakan, bahwa terkait akan adanya pelaksanaan pemilukada pada 09 Desember 2020 nanti maka setiap ASN yang ada harus netral. Maka dengan dasar tersebut istri Bupati Lamtim yang merupakan salah satu ASN Lamtim telah mengambil Cuti diluar tanggungan negara (CLTN) sejak tanggal 1 September sampai bulan Desember 2020.

“Memang sesuai aturan seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang ada harus bersifat netral dan tidak memihak, namun tetap menggunakan hak pilihnya ketika pemungutan suara berlangsung,” ungkapnya.

Masih dikatakan, kemudian ada juga surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2018 yang mengatur terkait suami/istri para kepala daerah yang berstatus ASN, TNI dan Polri yang ikut Paslon kepala daerah.

Dalam surat edaran Kemenpan RB tersebut mempertegas bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI dan Polri yang pasangannya menjadi pasangan calon (Paslon) kepala daerah segera mengambil cuti di luar tanggungan negara.

Selain itu, para istri dan suami yang berstatus PNS dilarang menggunakan atribut yang mengandung unsur politik serta dilarang menggunakan milik negara saat mendampingi kampanye pasangannya,” ungkapnya.(R*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here